Pelatihan Perancangan Kontrak | Pemahaman dan Pengertian Kontrak.

Dalam kesempatan ini BiizaaLegal akan menyampaikan pelatihan perancangan kontrak yang dalam kesempatan ini akan menyampaikan pemahaman dan pengertian kontrak. Untuk memahami perancangan kontrak yang pertama kita perlu memahami apa yang dimaksud dengan perikatan, perjanjian dan kontrak.




Perikatan.

Perikatan adalah hubungan hukum, seseorang atau badan hukum tidak akan terjadi perikatan apabila tidak memiliki hubungan hukum dan hubugan hukumlah yang menyebabkan hak dan kewajiban antar subyek hukum baik perorangan maupun badan hukum. Perikatan secara perdata dicantumkan dalam perjanjian dan kontrak. Sedang perikatan secara sosial / masyarakat dituangkan dalam undang undang. Sehingga perbuatan kita yang dicantumkan dalam perjanjian atau kontrak merupakan perikatan, jika tidak maka bukanlah perbuatan hukum. Begitu juga secara sosial, jika perbuatan kita diperintah atau dilarah oleh undang undang, maka perbuatan tersebut merupakan perbuatan hukum, karena ada perikatan masyarakat.

Perjanjian




Perjanjian adalah kesepakatan subyek hukum baik perorangan maupun badan hukum untuk mengikatkan diri dalam melakukan atau tidak melakukan suatu. Dan perikatan itu dituangkan dalam bentuk perjanjian. Namun perjanjian tidak harus tertulis, asalkan memenuhi syarat sahnya perjanjian maka perjanjian dianggap sah, tidak harus tertulis. Sebagai contoh penjual kue dan pembeli kue, tidak harus membuat perjanjian tertulis, maka perjanjian itu tetap sah asalkan tidak melanggar syarat sahnya perjanjian.

Kontrak adalah perjanjian yang dibuat secara tertulis dan sengaja dibuat untuk dijadikan alat pembuktian di pengadilan. Perbedaan perjanjian dan kontrak adalah sama sama perjanjian, tetapi kontrak dalam bentuk tertulis. Dan bahkan ada yang harus dalam bentuk akta otentik ( akta yang dibuat oleh pejabat yang berwenang ).

Setelah kita memahami apa yang dimaksud dengan perikatan, perjanjian dan kontrak, kita akan memahami pelatihan kita tentang perancangan kontrak. Artinya pelatihan bagaimana membuat sebuah kontrak tertulis yang sengaja akan digunakan untuk kepentingan pembuktian di Pengadilan.




Dalam pelatihan kontrak kita akan membahas tentang bagaimaman merancang kontrak, mulai dari anatomi atau susunan perancangan kontrak serta pemahamannya, bagaimana menguji atau menganalisa syarat sahnya kontrak, bagaimana mengegosiasikan kontrak hingga bagaimana cara membatalkan atau membuat kontrak batal demi hukum. Dengan begitu kita akan mampu memahami kontrak secara menyeluruh dan menjauhkan diri dari resiko hukum atas kontrak.

Tulisan ini akan terus berlanjut sampai habis yang akan membahas tentang perancangan kontrak, dalam bahasa inggris sering disebut dengan contract drafting ( perancangan kontrak ). Dan ada kemungkinan kita akan menyampaikan pelatihan online tentang kontrak internasional, tentang bagaimana membuat proposal, merancang MoU ( Memorandum Of Understanding ) membuat draft sesuai dengan hukum internasinal dan sekaligus negosiasi hukum internasional dalam hal menyepakati sebuah kontrak.




Silahkan download form / template perjanjian jual beli di bawah ini:

  1. Form Perjanjian Jual Beli Barang PDF
  2. Untuk Form Perjanjian Jual Beli Barang bisa WA kami di 085645524839

Pelatihan Perancangan Kontrak (2)

Bagikan agar lebih bermanfaat untuk Indonesia

One Reply to “Pelatihan Perancangan Kontrak | Pemahaman dan Pengertian Kontrak.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *